Kaze, Novel Samurai dengan Cita Rasa Detektif

Pada postingan saya yang pertama ini, yang bertepatan dengan Hari Buku Nasional, saya ingin mengulas sedikit tentang salah satu novel favorit saya, yaitu novel Kaze karangan Dale Furutani. Novel Kaze menarik perhatian saya ketika sedang mencari novel dengan latar belakang sejarah Jepang. Bukan hanya karena sampul yang menarik, namun di bagian sampul novel terbitan Mizan ini terdapat keterangan bahwa novel ini memenangkan penghargaan kategori Best First Mistery Novel. Novel samurai memenangkan kategori novel misteri? Tentu semakin membuat penasaran, bukan?

kaze

Karakter utama novel ini adalah seorang ronin (samurai tak bertuan) yang sekutunya kalah di perang mempertaruhkan kekuasaan militer terbesar Jepang, yakni perang Sekigahara. Sebagai pihak yang kalah, ronin tersebut harus menerima nasib tragis, di mana tuan yang menjadi junjungannya, bahkan keluarganya sendiri tewas akibat perang tersebut. Di akhir riwayat istri junjungannya, sang ronin diberi tugas terakhir untuk mencari putri junjungannya. Tugas inilah yang menjadi awal perjalanan dan petualangan sang ronin.

Lantas, bagaimana novel bertema samurai seperti ini memenangkan kategori cerita misteri? Hal ini pula yang membuat saya penasaran. Di petualangan sang ronin yang terdapat di seri pertama ini, dikisahkan dia menemukan mayat yang tergeletak di persimpangan jalan. Cerita berlanjut hingga sang ronin harus berurusan dengan penduduk desa, kepala keamanan wilayah dan penguasa wilayah. Sang ronin, yang memperkenalkan dirinya sebagai Matsuyama Kaze (yang berarti Angin Gunung Cemara) dicurigai terlibat dalam kasus mayat tersebut.

Dalam cerita ini dikisahkan bagaimana ronin Matsuyama Kaze melepaskan kecurigaan atas dirinya, serta mencari bukti untuk menemukan pelaku sebenarnya. Bagaimana dia harus memecahkan kasus mayat tersebut? Bagaimana pula pencarian putri junjungannya yang menjadi tugas utamanya? Silakan kalian ikuti dalam novel trilogi Kaze (untuk novel Kaze edisi berikutnya, akan saya bahas di postingan berikutnya).

Sebagai novel bertema samurai, tentu disajikan juga pertarungan menggunakan katana (pedang para samurai). Berbagai teknik dan trik dalam menghadapi musuh juga dijelaskan dengan menarik. Penggambaran suasana dan tempat dalam novel ini begitu detail, hingga membuat kita seolah berada di situasi yang sama. Sifat dan watak setiap tokoh juga dijelaskan dengan baik.

Bagi saya pribadi, selain dapat digunakan untuk mempelajari budaya dan kehidupan samurai Jepang, nilai-nilai seperti kesabaran, ketenangan hati, juga pengetahuan yang luas menjadi pesan tersirat dari novel ini agar kita dapat menghadapi suatu masalah.
Dalam novel ini juga terdapat kalimat yang saya suka dan dapat dijadikan nasihat, yaitu “kita dapat terhindar dari masalah jika hanya mengurusi urusan sendiri dan tetap memusatkan perhatian pada apa yang seharusnya dilakukan. Seseorang takkan pernah berhasil jika mengurusi masalah yang bukan miliknya.”

Advertisements

2 thoughts on “Kaze, Novel Samurai dengan Cita Rasa Detektif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s