Ke Mana Hilangnya Uang Seribu Itu?

Ketika saya masih SMP, saya memiliki seorang teman yang tempat tinggalnya tidak terlalu jauh dari rumah saya. Kami sering pulang sekolah bersama. Karena jarak sekolah dan rumah kami tidak jauh, hanya sekitar 500 meter, kami berangkat dan pulang dengan berjalan kaki.

Teman saya ini memang termasuk siswa yang pintar dan aktif di ekstra kulikuler sekolah. Terakhir saya bertemu, dia sedang mempersiapkan sidang untuk tesisnya (semoga saat ini dia sudah lulus dan sukses dalam pekerjaannya, atau mengikuti jejak ayahnya menjadi dosen).

Kami sering berbincang tentang berbagai hal, mulai dari pelajaran, hobi, sampai ngobrol ngalor ngidul tanpa juntrungan. Namun, salah satu obrolan yang saya ingat sampai sekarang adalah misteri hilangnya uang seribu. Begini kisahnya.

=================

Pada suatu hari, ada tiga orang, sebut saja namanya A, B, dan C. Mereka sedang berkumpul di rumah A. Menjelang siang, mereka lapar dan hendak makan di sebuah rumah makan. Kebetulan mereka hanya membawa uang masing-masing hanya 10.000 Rupiah. Sesampainya di rumah makan, mereka bertiga memesan 3 paket makanan dan minuman yang sama seharga Rp. 10.000.

Merekapun membayarkan pesanan tersebut, yang totalnya Rp. 30.000. Ternyata, mereka mendapatkan potongan harga sebesar Rp. 5.000. Maka, A membagi uang kembalian tersebut kepada kedua temannya, masing-masing mendapatkan Rp 1.000. Sehingga sisa uangnya sekarang adalah Rp. 5.000 – Rp. 3.000 = Rp. 2.000.

Setelah selesai makan, mereka bertiga pulang. Di tengah perjalanan, mereka melihat pengemis. Merekapun sepakat untuk memberikan sisa Rp. 2.000 tadi kepada pengemis tersebut, dan pulang ke rumah masing-masing.

Sesampainya di rumah, C bertanya-tanya dalam hati. Tadi, masing-masing hanya membawa uang Rp. 10.000, total uang yang mereka punya adalah Rp. 30.000. Setelah makan, mereka memperoleh kembalian Rp. 1.000. Jadi, masing-masing hanya membayar Rp. 9.000. Jika demikian, total uang yang dikeluarkan adalah Rp. 9.000 x 3 orang = Rp. 27.000.
Kemudian, mereka memberika Rp. 2.000 kepada pengemis. Jadi, yang dikeluarkan adalah Rp. 27.000 + Rp. 2.000 = Rp. 29.000. masih ada selisih Rp. 1.000. Ke mana hilangnya uang Rp. 1.000 itu?

=================

Jika di antara pembaca ada yang mengetahui jawabannya, silakan tuliskan dalam komentar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s